Bulan Suci Ramadhan disebut sebagai bulan terbaik, namun juga dinamakan pula sebagai Bulan Kepedulian dan Solidaritas atau Syahrul Muwaasaah. Di bulan Ramadhan, Allah SWT melipat gandakan pahala dan ganjaran bagi orang-orang yang bersedekah, sehingga Ramadhan menjadi momentum umat Islam untuk menunjukkan dan meningkatkan kepedulian dan solidaritas terhadap saudaranya yang tidak mampu, terlebih terhadap seperti anak-anak yatim dan para janda miskin.

suasana peserta acara

Dalam upaya memberikan keceriaan bulan Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri, Komnas Anak akan menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama dengan anak-anak nelayan Muara Angke yang selama ini menjadi dampingan Komnas Anak dan Lembaga Perlindungan & Pendidikan Anak (LPPA) Muara Angke.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2011, merupakan bentuk kepedulian Komnas PA bekerjasama dengan para mitra untuk berupaya memenuhi hak anak di Muara Angke, khususnya juga kembali mengajak peran serta masyarakat untuk membantu hak anak di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Perlindungan dan Kepedulian untuk Anak Indonesia (PELUK Anak Indonesia).

Bertempat di Bantaran Kali Adem Kampung Nelayan Muara Angke, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 500 anak nelayan yang sangat berantusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Diawali dengan pembacaan Alquran dan tari ondel-ondel oleh perwakilan anak dampingan LPPA Muara Angke.

Penampilan artis pendukung

Keikutsertaan artis yang ikut peduli dan bersedia membantu Komnas Anak menambah keceriaan acara. Beberapa yang ikut berpartisipasi adalah Ary (vokalis Band Stinky), Kawendra, Indra Brugman, Reza Herlambang, Ageng Kiwi dan kawan-kawan.

Acara makin meriah dengan aksi Kak Henny salah satu komisioner dari Komnas Anak yang sangat atraktif dan interaktif membawakan permainan dan bernyanyi bersama dengan anak-anak peserta acara.

Walau beberapa anak-anak peserta acara sedang berpuasa namun mereka tetap semangat mengikuti gerak dan nanyi yang dipandu oleh Kak Henny, apalagi ada hadiah yang menanti apabila mereka bisa menjawab pertanyaan dan ikut permainan. Acara diakhiri dengan pembangian konsumsi untuk buka puasa bersama dan paket bingkisan dari mitra-mitra Komnas Anak.

Acara buka puasa ini terselenggara atas kerjasama mitra dari Komnas yang ikut peduli terhadap masalah anak, khususnya anak-anak di Muara Angke. Untuk itu sebagai ucapan terima kasih diakhir sesi juga diberikan piagam penghargaan kepada mereka yang telah membantu, yaitu:

  • Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran
  • Garuda Food
  • Yayasan Universitas Pelita harapan
  • Komunitas muslim PHE ONWJ
  • K.A. Production

 

Iklan